MASA pensiun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa pun untuk mendapatkan penghasilan. Sementara sebagian orang memilih menjalani masa pensiun yang damai dan tenang, sebagian lagi memilih kembali ke mata pencaharian.

Di Amerika Serikat, tren yang berkembang memperlihatkan banyak orang mengambil pekerjaan baru setelah masa pensiun resmi. Sebagian besar alasannya adalah masalah uang. Akan tetapi, beberapa pensiunan sengaja mencari pekerjaan baru hanya karena bosan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah profesi pascapensiun terpopuler yang dapat dijadikan pilihan:

1. Konsultan
Jika Anda adalah seorang pakar di bidang yang digeluti selama bekerja bertahun-tahun, mengapa tidak menawarkan kepakaran tersebut ke perusahaan lain setelah pensiun? Banyak pensiunan menyadari, keahlian dan pengetahuan mereka bernilai jual tinggi. Sehingga, banyak di antaranya memutuskan membuka bisnis konsultan.

Sebagai konsultan paruh waktu, Anda bisa mengenakan biaya perjam dan mendapatkan penghasilan yang mungkin jauh lebih besar dibandingkan saat bekerja penuh waktu dulu. Selain itu, Anda juga bebas memilih proyek mana yang ingin ditangani.

2. Pengusaha katering
Jika banyak sanak keluarga, teman, dan tetangga yang memuji kelezatan opor ayam atau pai apel buatan Anda, bisnis katering barangkali menjadi pilihan karier yang paling tepat bagi Anda pascapensiun. Ini merupakan kesempatan bagus bagi Anda untuk mengubah hobi menjadi sesuatu yang menguntungkan.

3. Florist
Jika Anda senang berkebun dan memiliki pengetahuan luas soal bunga, membuka toko bunga merupakan pilihan terbaik sebagai profesi pascapensiun.

0 comments:

Post a Comment

 
Top