Berasal dari China yang awalnya dikenal dengan Chinese Goosberry, buah kiwi bisa disebut sebagai superfood karena kandungan sarat nutrisi dan antioksidannya mampu menjaga daya tahan tubuh, sehingga melindungi dari berbagai infeksi dan penyakit.


Kiwi merupakan buah penuh nutrisi dengan kandungan vitamin, mineral, fitokemikal dan serat tinggi.




Kiwi mengandung banyak vitamin. Dibawah ini akan kita lihat manfaat buah kiwi :


1. Vitamin C

Gunanya untuk penangkis penuaan, Vitamin C baik untuk kesehatan kulit dan daya tahan tubuh, kebanyakan orang beranggapan, jeruk atau buah pepaya adalah sumber Vitamin C yang terbaik.


Buah kiwi memilki kandungan Vitamin C yang paling tinggi dibanding pepaya, nanas, pisang, jeruk, mangga, dan apel.


Kandungan vitamin C pada kiwi 74-87 mg, sedangkan kebutuhan tubuh terhadap vitamin C sekitar 45-85 mg per hari. Dengan demikian dalam kondisi normal, satu atau dua buah kiwi dalam sehari mampu memenuhi kebutuhan vitamin C.


Vitamin C sangat baik didalam menjaga daya tahan tubuh dari berbagai infeksi penyakit dan berperan sebagai anti oksidan yang bisa menetralisir proses oksidasi yang terjadi dalam tubuh akibat paparan polusi dan sinar matahari. Dimana proses oksidasi mampu merusak tubuh, termasuk sel-sel kulit dan sel-sel tubuh yang lain.


Kiwi juga mampu melakukan pembentukan kolagen untuk mempertahankan kelenturan kulit. Selain itu vitamin C pada kiwi juga membantu pembentukan energi dan membantu pembentukan dan metabolisme hormon untuk bekerja secara optimal agar fungsi tubuh optimal.


2. Vitamin E

Pencegah sumbatan Pembuluh darah.


Biasanya vitamin E banyak terdapat pada kacang-kacangan dan minyak. Bahkan perlu Anda ketahui kandungan vitamin E pada kiwi lebih tinggi dibanding mangga dan pepaya. Yang penting adalah karena sel lemak jika rusak akan mudah menyangkut pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan dinding pembuluh darah. Sehingga vitamin mencegah kerusakan dan menempelnya sel lemak yang rusak pada dinding pembuluh darah dan tubuh terlindungi dari resiki penyumbatan pembuluh darah.


3. Luthein

Berguna untuk mencegah Katarak dan penyakit jantung. Luthen sebagai kandungan lain dari kiwi disebut karoten yang juga bersifat antioksidan. Umumnya terkandung pada buah yang berwarna merah dan kuning.

Luthein berperan sebagi antioksidan berperan pada proses degenerasi pada mata. Jadi prose katarak pada mata terjadi karena adanya proses oksidan. Luthein pada kiwi mampu mengurangi atau memperlambat proses degenerasi tersebut. Bahkan bukan hanya mampu memperlambat proses degenerasi penyebab berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, dan sebagainya. Sehingga bisa disimpulkan dapat melindungi tubuh berbagaai penyakit, gangguan dan proses kerusakan.


4. Serat penangkal kanker usus.

Buah ini mengandung serat yang tinggi selain dapat membantu berdiet dengan menimbulkan rasa kenyang yang berlebih juga membantu mempertahankan kesehatan saluran cerna. Serat membuat gerakan usus tetap baik, sehingga daya tubuh tetap optimal karena bakteri baik dalam usus cukup dan dalam keadaan seimbang. Bahkan mencegah terserang kanker usus. Bukan hanya itu saja serat juga dapat menjaga kadar gula darah, kadar lemak darah, kolesterol menjadi stabil.


Makanlah kiwi setiap hari satu atau dua buah dalam sehari anda akan merasakan manfaatnya.

(dr Lamrenta Simanjuntak/TN/VBL)


0 comments:

Post a Comment

 
Top